Artikel

SUKSES DENGAN MBKM PUSAKA TAHUN LALU, TANI CENTER IPB BUKA MBKM PUSAKA BATCH 2

WhatsApp Image 2022-09-16 at 10.03.48
Berita / Siaran Pers

SUKSES DENGAN MBKM PUSAKA TAHUN LALU, TANI CENTER IPB BUKA MBKM PUSAKA BATCH 2

“MBKM PUSAKA Batch 2 akan dibuka pada 16–23 September 2022 bagi peserta, sedangkan bagi Dosen Penggerak akan dibuka pada 19–23 September 2022.”

DIGITANI.IPB.AC.ID, BOGOR – Tani Center IPB University kembali bekerja sama dengan Gerakan Petani Nusantara (GPN) dalam mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kampus Sawah Merdeka (MBKBM PUSAKA) Batch 2. MBKM PUSAKA Batch 2 merupakan ruang pembelajaran yang disediakan oleh Tani Center IPB University dengan tujuan pemuliaan tanaman dan industri benih yang berkelanjutan.

MBKM PUSAKA Batch 2 akan dilaksanakan pada 26 September 2022 hingga 23 Januari 2023. Adapun kegiatan pada program ini yaitu pengembangan keilmuan yang akan dilakukan secara daring, kegiatan turun ke desa secara luring, serta kegiatan publikasi dan laporan yang akan dilakukan secara daring maupun luring.

Kepala Tani Center IPB University, Prof. Dr. Ir. Hermanu Triwidodo, M.Sc., menyampaikan bahwa pihak Tani Center IPB University mengundang perguruan tinggi di Indonesia untuk berpartisipasi dalam program ini, baik sebagai peserta, penggerak, maupun pembimbing.

“Kami ingin menawarkan kerja sama dengan perguruan tinggi di Indonesia, di mana Tani Center IPB University akan membuka kelas untuk melatih mahasiswa dalam bidang pertanian, seperti belajar bagaimana produksi benih, sehingga mahasiswa dapat lebih dekat dengan para petani di lapangan,” ujar Kepala Tani Center IPB University ini.

MBKM PUSAKA Batch 2 kali ini terbuka bagi mahasiswa semester 1-8 dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, seperti Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Soedirman (UNSOED), Universitas Lampung (UNILA), Universitas Negeri Jember (UNEJ), Universitas Maha Saraswati (UNMAS), Universitas Andalas (UNAND), Universitas Wiralodra (UNWIR), Universitas Bojonegoro (UNIGORO), dan Sekolah Tinggi Pertanian Flores Bajawa (STIPER FB).

Melalui program ini, mahasiswa akan diberikan pendampingan secara langsung dari berbagai pihak, seperti Dewan Pakar Tani Center IPB University, Dosen, Praktisi, hingga Gerakan Petani Nasional (GPN). Selain itu, mahasiswa juga akan diberikan kegiatan pembelajaran yang setara dengan 9 SKS (Satuan Kredit Semester), sehingga mahasiswa dapat menerima ilmu di bidang pertanian yang dapat memajukan usaha produksi benih di Indonesia.

Tri Budiarto, S.KPm., M.Si., selaku Ketua Pelaksanaan MBKM PUSAKA Batch 2 menyampaikan harapannya terhadap mahasiswa yang ikut berperan serta dan mengajak mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi mitra untuk mengikuti program ini.

“Melalui program ini, mahasiswa diharapkan dapat memiliki pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan dalam fasilitasi sosial dan industri benih yang berkelanjutan untuk pengembangan benih unggul, serta mampu berpikir kritis berorientasi pemecahan masalah, kreatif, komunikatif, integratif, dan kolaboratif yang berjiwa kewirausahaan sosial dan berwawasan kebangsaan,” kata Tri Budiarto.

Pendaftaran MBKM PUSAKA Batch 2 akan dibuka pada 16–23 September 2022 bagi peserta, sedangkan bagi Dosen Penggerak akan dibuka pada 19–23 September 2022. Pendaftaran program MBKM Pusaka 2022 dapat dilakukan melalui link berikut: https://ipb.link/mbkmpusaka2022.

Penulis: Nurma Wibi E. | Editor: Exciyona Adistika

Konsultasi

    X