Artikel

MAHASISWA MBKM PUSAKA 2022 LAKUKAN KUNJUNGAN LAPANG KE PETANI SUSKES DI SUBANG

Field_Trip_MBKM_PUSAKA_2022_(1)
Berita / Siaran Pers

MAHASISWA MBKM PUSAKA 2022 LAKUKAN KUNJUNGAN LAPANG KE PETANI SUSKES DI SUBANG

Field trip kali ini dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk melihat secara langsung bagaimana proses produksi benih dan beras yang ada di lapangan, sehingga mahasiswa dapat menimba ilmu yang sebanyak-banyaknya dari kegiatan ini.”

DIGITANI.IPB.AC.ID, BOGOR – Tani Center IPB University bersama Gerakan Petani Nusantara (GPN) melaksanakan kunjungan studi (field trip) dalam rangka mendukung MBKM Kampus Sawah Merdeka (PUSAKA) 2022 pada Sabtu (19/11). Kegiatan ini diikuti oleh 36 peserta MBKM PUSAKA 2022 yang merupakan mahasiswa dari berbagai fakultas di IPB University.

Kegiatan field trip didampingi oleh Tri Budiarto, S.KPm., M.Si., selaku ketua MBKM PUSAKA 2022 dan Dosen di Sekolah Vokasi IPB University. Menurutnya, kegiatan field trip kali ini dapat membantu mahasiswa untuk menerima ilmu yang lebih banyak tentang pertanian.

Field trip kali ini dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk melihat secara langsung bagaimana proses produksi benih dan beras yang ada di lapangan, sehingga mahasiswa dapat menimba ilmu yang sebanyak-banyaknya dari kegiatan ini,” ujar Ketua MBKBM PUSAKA 2022.

Field Trip MBKM PUSAKA 2022 di CV. Fiona Benih Mandiri (Foto: Tani Center IPB University)

Kegiatan field trip diawali dengan mengunjungi pabrik produksi benih padi CV. Fiona Benih Mandiri yang berada di Kecamatan Pusakanagara, Kabupaten Subang, Provisi Jawa Barat. Pada kesempatan tersebut, para peserta melakukan kegiatan diskusi dengan pihak CV. Fiona Benih mengenai dunia pertanian yang terjadi di lapangan.

“Mahasiswa tidak perlu takut untuk terjun di dunia pertanian karena pertanian adalah basic yang sampai kapan pun akan dibutuhkan oleh masyarakat,” ujar Ir. H. Khaerul Anam Syah selaku Direktur CV. Fiona Benih Mandiri.

Peserta MBKM PUSAKA 2022 diberikan kesempatan untuk melihat proses produksi benih padi yang dilakukan oleh CV. Fiona Benih Mandiri dari tahap awal hingga tahap akhir. Selain itu, mahasiswa juga turun secara langsung untuk melakukan proses pengemasan benih padi yang dipandu oleh pihak CV. Fiona Benih Mandiri.

“Saya berharap ilmu yang didapatkan di lapangan dapat dibawa kembali ke kampus masing-masing serta ilmu yang berada di kampus bisa dipraktikkan di lapangan. Kolaborasi antara kedua hal tersebut harus terjadi secara sinkron, sehingga program ini dapat memberikan manfaat untuk kedua belah pihak,” ujar H. Mad Anwar, S.P., M.P. selaku Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang.

Field Trip MBKM PUSAKA di CV. Sari Bumi Nusantara (Foto: Tani Center IPB University)

Kegiatan field trip dilanjutkan dengan mengunjungi pabrik produksi beras CV. Sari Bumi Nusantara yang berada di Kecamatan Compreng, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat. Pada kesempatan tersebut, para peserta melakukan kegiatan tour pabrik produksi beras yang dipandu oleh Deni Nurhadiansyah, S.P., selaku pemilik CV. Sari Bumi Nusantara.

“Mudah-mudahan program seperti ini lebih banyak lagi dilakukan, sehingga mahasiswa tidak hanya mendapatkan ilmu di kampus tapi juga mendapatkan pengalaman dengan praktisi di lapangan. Saya juga berharap kedepannya banyak mahasiswa IPB yang menjadi wirausaha di bidang pertanian,” ujar pemilik CV. Sari Bumi Nusantara ini.

Penulis: Nurma Wibi Earthany | Editor: Exciyona Adistika

Konsultasi

    X