Artikel

BAGAIMANA CARA MENGATASI CABAI YANG MENGALAMI PENYAKIT BUSUK SEBAGIAN SEBELUM PANEN?

Raw Green chilis   on  trees
Artikel Konsultasi

BAGAIMANA CARA MENGATASI CABAI YANG MENGALAMI PENYAKIT BUSUK SEBAGIAN SEBELUM PANEN?

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum Bu, saya mengalami kendala penanaman cabai yang terkena penyakit busuk sebagian sebelum panen, bagaimana solusinya? Atau ada rekomendasi obat? Terima kasih.

(Nunuh)

Jawaban:

Halo, Sobat Tani.

Terima kasih telah bertanya kepada Pakar IPB.

Terkait pertanyaan Sobat Tani di atas, secara umum hal yang dapat dilakukan untuk menangkal penyakit pada tanaman cabai adalah dengan melakukan rotasi atau pergantian tanaman untuk memutus terjadinya penyakit. Cara tersebut dapat dilakukan untuk pertanaman selanjutnya, misalnya sekarang menanam cabai, kemudian di lahan yang sama pada musim tanam selanjutnya ditanami dengan tanaman yang lainnya, seperti kacang atau kedelai yang berbeda keluarga dengan cabai.

Cara selanjutnya, apabila sudah mendapati penyakit dalam tanaman cabai saat ini, dapat dilakukan penjarangan tanaman. Cabut dan jauhkan cabai yang terserang penyakit dari tanaman yang sehat. Kemudian, lakukan pewiwilan yang teratur. Pewiwilan atau perempelan yaitu menghilangkan cabang atau tunas-tunas air yang tidak produktif.

Cara tersebut selain dapat meningkatkan buah cabai, juga dapat memperbaiki sirkulasi udara, sehingga tanaman tidak terlalu lembap. Kelembapan yang tinggi akibat jarak tanam yang rapat ataupun karena banyaknya tunas air dapat memicu serangan penyakit.

Terkait rekomendasi obat, Sobat Tani dapat menggunakan fungisida dengan memerhatikan cara penggunaan yang tepat dalam label kemasan pestisida tersebut.

Demikian solusi yang dapat saya berikan, semoga tanaman cabai Sobat Tani dapat kembali sehat dan menghasilkan panen yang baik.

Selamat mencoba.

Dijawab oleh Ratih Kemala Dewi, S.P., M.Si

Konsultasi

    X