Artikel

KAYA VITAMIN DAN MINERAL, INI MANFAAT IKAN SMELT

Ilustrasi ikan smelt yang berbau khas dan memiliki rasa yang enak.
Artikel / Pengolahan Hasil Perikanan / Perikanan

KAYA VITAMIN DAN MINERAL, INI MANFAAT IKAN SMELT

Berbeda dengan jenis ikan yang lain, nama ikan smelt mungkin memang terdengar agak asing asing di telinga. Meskipun begitu, ikan kecil ini memiliki bau yang khas dan terkenal enak.

Ikan smelt umumnya berwarna hijau keperakan dan dikenal sebagai ikan pelanagi. Selain itu, ikan ini juga memiliki perawakan yang hampir mirip dengan ikan sarden dan ikan teri.

Bukan hanya bau dan namanya saja yang khas, ikan smelt yang terkenal enak ini juga kaya akan nutrisi dan rendah akan merkuri. Kandungannya tentu memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat ikan smelt bagi kesehatan.

1. Kaya Vitamin dan Mineral

Sumber bau dari ikan smelt kaya akan mineral dan vitamin penting yang dibutuhkan tubuh kita. Ikan ini mengandung mineral kalsium yang berfungsi untuk membantu melindungi tulang sekaligus gigi, serta membantu dalam meredakan kontraksi otot.

Ikan Smelt juga mengandung fospor yang dapat membantu mengubah makanan menjadi energi, juga membawa nutrisi keluar masuk ke dalam sel tubuh. Hewan yang stau ini juga mengandung potassium yang dapat membantu orang yang mengkonsumsinya menjaga detak jantung agar tetap stabil.

2. Membantu Mengatur Berat Badan

Bau ikan smelt yang agak berbeda dari ikan lainnya juga dikarenakan ikan ini rendah akan kalori. Satu porsi dalam takaran tiga ons hanya mngandung sebanyak 82 kalori saja. Kandungan kalorinya yang rendah ini dapat membantu pengonsumsinya untuk menjaga berat badan.

Menjaga berat bedan adalah investasi kesehatan terhadap tubuh kita di masa tua. Semakin kita menjaga pola makan kita, semakin rendah pula kesempatan untuk terserang penyakit seperti kolesterol, darah tinggi, dan obesitas.

Rendahnya kalori yang terkandung dalam ikan ini, membuat ikan smelt menjadi salah satu ikan yang dapat dikonsumsi ketika dalam program diet.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Ikan smelt yang rendah kalori dan merkuri, bukan hanya dapat dijadikan sebagai menu diet saja. Hewan ini dapat juga dijadikan menu makanan sehat untuk menjaga kesehatan jantung.

Ikan smelt juga tinggi akan asam lemak dan rendah lemak, tepatnya dalam satu porsi dengan takaran tiga ons ikan smelt hanya mengandung dua gram lemak total. Kandungan ini lah yang membuat ikan smelt bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung.

Pengolahan ikan smelt juga terbilang mudah. Ikan smelt dapat dikonsumsi dengan cara dipanggang dan digoreng. Maka dari itu, ikan smelt cocok sekali ‘kan untuk jadi alternatif makanan sehat.

Baca lebih banyak manfaat kesehatan dari hasil perikanan dan pertanian.

Penulis: Ipan Ahaya | Editor: Rahel Azzahra

Tanya Pakar

powered by Advanced iFrame. Get the Pro version on CodeCanyon.