Artikel

MENGUNGKAP KEAJAIBAN SUMBER MATA AIR DESA PAGERKASIH KECAMATAN BUMIJAWA

ari3
Artikel / Desa Sahabat IPB University

MENGUNGKAP KEAJAIBAN SUMBER MATA AIR DESA PAGERKASIH KECAMATAN BUMIJAWA

Sumber mata air merupakan salah satu sumber daya alam yang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Keberadaan sumber mata air tidak hanya memenuhi kebutuhan air sehari-hari, tetapi juga memberikan dampak yang signifikan dalam berbagai sektor seperti pertanian dan peternakan. Desa Pagerkasih, yang terletak di Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, menjadi contoh nyata bagaimana sumber mata air dapat menjadi aset berharga dalam mendukung kehidupan masyarakat dan pembangunan berkelanjutan. Tulisan ini bertujuan untuk mengungkap keajaiban sumber mata air Desa Pagerkasih dan peran pentingnya dalam kehidupan masyarakat serta sektor pertanian dan peternakan.

Keberlimpahan Sumber Mata Air

Sumber mata air di Desa Pagerkasih memiliki karakteristik yang unik, yaitu keberlimpahannya sepanjang musim. Aliran air yang tak pernah putus memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat desa ini. Aliran air ini tidak hanya digunakan sebagai sumber air untuk keperluan sehari-hari, tetapi juga menjadi simbol kemakmuran dan kemandirian masyarakat. Di dalam budaya masyarakat Desa Pagerkasih, aliran air dari sumber mata air ini dianggap sebagai anugerah yang harus dijaga dan dimanfaatkan dengan bijak.

Pemanfaatan dalam Kehidupan Masyarakat

Salah satu ciri menonjol dari masyarakat Desa Pagerkasih adalah kesadaran kolektif dalam menjaga dan merawat sumber mata air. Masyarakat yang mendapatkan manfaat aliran sumber mata air ini dapat membiarkan aliran air pada bak mandi terus menyala merupakan tanda penghargaan terhadap sumber daya alam ini. Selain itu, sistem iuran bulanan sebesar 5000 rupiah per keluarga menunjukkan tanggung jawab bersama dalam menjaga kelancaran aliran air dan pemeliharaan sumber mata air. Bagian dari iuran tersebut dialokasikan untuk biaya perawatan, menjadikan sumber mata air ini tetap terjaga dan berfungsi dengan baik.

Pemandangan di Sekitar Sumber Mata Air Pagerkasih (Foto: Suryani, A.)

Peran dalam Pertanian

Desa Pagerkasih memiliki mayoritas penduduk yang berprofesi sebagai petani. Lingkungan demografis desa yang didominasi oleh lahan pertanian menjadi tempat bagi pertumbuhan padi yang hampir keseluruhan tanahnya ditanami padi. Keberadaan sumber mata air yang melimpah menjadikan pertanian di Desa Pagerkasih tak tergantung pada musim. Sistem irigasi yang baik memungkinkan proses menanam   dan memanen padi dapat berlangsung sepanjang tahun. Dalam lingkungan pertanian yang penuh tantangan, sumber mata air ini menjadi salah satu aspek utama dalam menciptakan ketahanan pangan.

Kontribusi dalam Peternakan

Selain peran dalam pertanian, sumber mata air ini juga memiliki dampak signifikan dalam sektor peternakan. Kandungan mineral yang tinggi dalam sumber mata air dianggap memberikan manfaat nyata dalam kualitas dan nutrisi pakan ternak. Walaupun belum ada studi laboratorium yang membuktikannya secara ilmiah, pengalaman peternak ayam seperti Pak Alfan mengindikasikan bahwa air dari sumber mata air ini mengandung mineral yang tinggi. Kepercayaan ini didukung oleh pengamatan bahwa telur ayam yang dihasilkan memiliki warna yang   lebih pekat dan lebih bernutrisi dibandingkan dengan telur ayam dipasaran. Penggunaan air dari sumber mata air ini dalam pemberian pakan dan minum ayam ternak juga telah memberikan pemahaman tentang betapa pentingnya peran sumber mata air dalam mendukung kesehatan ternak dan hasil produksi.

Pangkal Beton Sumber Mata Air Pagerkasih (Foto: Suryani, A.)

Sumber mata air di Desa Pagerkasih adalah contoh nyata bagaimana alam dapat memberikan keajaiban yang mengubah kehidupan masyarakat dan lingkungan sekitar. Dari penggunaan sehari-hari hingga kontribusi dalam pertanian dan peternakan, sumber mata air ini menjadi aset berharga yang mempertemukan manusia dengan anugerah alam. Keberadaannya bukan hanya sekadar mengalirkan air, tetapi juga mengalirkan harapan dan kesejahteraan bagi masyarakat Desa Pagerkasih. Melalui kesadaran dan tindakan bijak dalam memanfaatkan dan menjaga sumber daya alam ini, masyarakat Desa Pagerkasih telah memberikan pelajaran berharga tentang harmoni antara manusia dan lingkungan.

Penulis: Ari Suryani

Tanya Pakar

powered by Advanced iFrame. Get the Pro version on CodeCanyon.

X