Artikel

BAGAIMANA CARA AMPUH MENGATASI KUTU HITAM PADA DAUN MANGGA?

IPB DIGITANI - TANI DAN NELAYAN CENTER IPB UNIVERSITY - BAGAIMANA CARA AMPUH MENGATASI KUTU HITAM PADA DAUN MANGGA
Artikel Konsultasi / Pertanian

BAGAIMANA CARA AMPUH MENGATASI KUTU HITAM PADA DAUN MANGGA?

Pertanyaan:

Daun muda pada pohon mangga milik saya dikerubuti kutu hitam berukuran sangat kecil, sekitar 0,1 sampai 0,2 millimeter. Kutu ini dapat bergerak dan terbang, sehingga menyebabkan daun kering seperti terbakar hingga akhirnya rontok. Bagaimana cara efektif mengatasinya?

(Bambang S.)

Jawaban:

Halo, Sobat Tani.

Terima kasih telah bertanya kepada Pakar IPB University.

Berdasarkan gambar yang diberikan, kemungkinan besar hama yang menyerang tanaman mangga tersebut adalah tungau, kutu, atau thrips.

Gejala daun kering biasanya disebabkan oleh hama yang menghisap nutrisi atau cairan dari tanaman. Cara mengatasinya yaitu dengan memastikan tanah subur agar tunas baru bisa tumbuh dengan baik.

Selain itu, penting untuk mengetahui umur tanaman dan kondisi lingkungan apakah berada di daerah panas atau dingin. Pada musim hujan, serangan hama biasanya berkurang.

Thrips biasanya menyerang daun muda, dan jika tanaman Anda berukuran tinggi, pemupukan dapat bantu mengurangi serangan hama.

Jika tanaman berukuran rendah, bisa menyemprotkan air sabun atau sampo yang mengandung menthol untuk mengendalikan hama.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh Ir. Wahono | Editor: Chelvi Agnariosa

Tanya Pakar

powered by Advanced iFrame. Get the Pro version on CodeCanyon.