Artikel

MENGUNGKAP PESONA HIU PAUS DI TELUK SALEH

IPB DIGITANI - TANI DAN NELAYAN CENTER IPB UNIVERSITY - MENGUNGKAP PESONA HIU PAUS DI TELUK SALEH
Artikel / Biota Air Tawar dan Laut / Perikanan

MENGUNGKAP PESONA HIU PAUS DI TELUK SALEH

Teluk Saleh, salah satu kawasan yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat, telah menjadi pusat pemerhati lingkungan. Teluk Saleh memiliki beberapa keistemawaan yang dimiliki, diataranya yaitu kekayaan keanekaragaman hayatinya. Kawasan ini juga menjadi bagian dari tiga lokasi perairan di Indonesia yang memiliki spesies hiu dalam jumlah banyak.

Kawasan ini menjadi tempat favorit hiu untuk berkembang biak karena perairan yang hangat serta keanekaragaman hayatinya. Alasan Teluk Saleh menjadi tempat favorit hiu juga dikarenakan tersedianya plankton dan ikan-ikan sebagai pasokan makanan hiu sepanjang tahun.

Keanekaragaman Hayati yang Ada di Teluk Saleh

Teluk Saleh yang terletak di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, merupakan salah satu perairan dengan keanekaragaman hayati yang tinggi di Indonesia. Nelayan setempat dapat menangkap sekitar 71 jenis ikan di wilayah ini. Dari berbagai spesies tersebut, ikan tongkol, tuna, baronang, kerapu, dan kakap merah adalah yang paling sering ditangkap oleh nelayan.

Kawasan ini terkenal tidak hanya karena keanekaragaman spesies ikannya saja, tetapi juga sebagai tempat berkembang biaknya hiu paus (Rhincodon typus). Dilansir dari World Wildlife Fund, hiu paus adalah spesies terbesar dalam keluarga Rhincodontidae, dengan panjang tubuh mencapai 18-20 meter dan berat maksimal sekitar 15 ton.

Sebagai salah satu makhluk laut terbesar di dunia, ikan ini memiliki ciri khas berupa kepala datar dan mulut besar. Ciri ini memang cukup berbeda dengan kebanyakan hiu lainnya. Spesies ini memiliki gigi kecil yang tidak digunakan untuk makan, melainkan ikan ini menangkap mangsanya dengan membuka mulut lebar-lebar saat berenang. Cara makan ini memungkinkan ribuan ikan kecil dan jutaan plankton masuk ke dalam mulutnya dalam hitungan menit.

Ekowisata dan Konservasi Hiu Paus

Masyarakat lokal sudah lama mengenal hiu paus, julukan hiu paus yang diberikan oleh masyarakat lokal yaitu “pakek torok”. Ikan ini yang memiliki ukuran yang sangat besar, membuatnya tidak menjadi sasaran tangkapan nelayan setempat. Keberadaan hiu paus di Teluk Saleh yang sudah banyak diketahui oleh banyak orang telah menarik perhatian pengunjung untuk datang dan melihat secara langsung.

Teluk Saleh adalah habitat yang luar biasa bagi berbagai spesies ikan dan hiu paus. Dengan ekosistem yang terpelihara dengan baik, teluk ini menawarkan lingkungan yang ideal untuk kehidupan laut. Kehadiran hiu paus semakin menambah daya tarik Teluk Saleh sebagai destinasi ekowisata, memberikan peluang unik untuk menyaksikan keajaiban alam sekaligus berkontribusi pada upaya konservasi.

Penulis: Susanti Rahayu Violita | Editor: Rahel Azzahra

Tanya Pakar

powered by Advanced iFrame. Get the Pro version on CodeCanyon.