Artikel

IPB GANDENG 11 MITRA UNTUK PERKUAT KEDAULATAN PANGAN

IMG_72562
Berita / Siaran Pers

IPB GANDENG 11 MITRA UNTUK PERKUAT KEDAULATAN PANGAN

Penandatanganan MoU yang diselenggarakan menjelang Hari Tani ini merupakan wujud nyata keseriusan komitmen pimpinan IPB University dan seluruh civitas akademika dalam upaya memuliakan petani dan pedesaan.

DIGITANI.ID, BOGOR – IPB University menggelar penandatanganan Momerandum of Understanding (MoU) bersama 11 mitra di Ruang Mahoni IPB Science Technopark, Kamis (23/9).

Sebelas mitra tersebut terdiri dari 4 perguruan tinggi, 3 perusahaan swasta, 2 Lembaga Swadaya Masyarakat, 1 yayasan dan 1 media informasi. Dari perguruan tinggi hadir Rektor dari Universitas Wiralodra, Indramayu; Universitas Bojonegoro; Universitas Mahasaraswati, Bali; dan Sekolah Tinggi Pertanian Flores Bajawa.

Sementara, mitra dari perusahaan swasta hadir direktur PT. Anta Tirta Karisma, PT. Benih Kelud Nusantara dan CV. Wish Indonesia. Dari Lembaga Swadaya Masyarakat hadir ketua umum Gerakan Petani Nusantara dan Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan. Serta dari yayasan dan media informasi hadir ketua umum Yayasan Ummul Quro dan pemimpin redaksi Sariagri.id.

Dalam acara penandatanganan MoU ini, Kepala Tani Center IPB University, Hermanu Triwidodo, diminta untuk membacakan kata sambutan sebagai perwakilan para mitra kerja sama IPB University. Dalam pidato sambutannya, Hermanu mengucapkan terima kasih karena Tani Center dapat menjadi penghubung antara IPB, petani, masyarakat desa, dunia usaha, perguruan tinggi, dan mitra lainnya. Dengan demikian, mahasiswa dapat belajar banyak tentang kehidupan petani di pedesaaan, serta masyarakat petani dan pedesaan bisa mendapatkan manfaat juga dari IPB dan mitra lainnya.

“Penandatanganan MoU yang diselenggarakan menjelang Hari Tani ini merupakan wujud nyata keseriusan komitmen pimpinan IPB University dan seluruh civitas akademika dalam upaya memuliakan petani dan pedesaan,” kata Hermanu.

Rektor IPB University memperlihatkan inovasi-inovasi IPB kepada para mitra
Foto: Tani Center IPB University

Dilanjutkan dengan kata sambutan Rektor IPB University, Arif Satria, mengharapkan inovasi-inovasi IPB yang telah ada dapat memberikan dampak yang besar bagi petani dan masyarakat Indonesia. Dampak yang besar tersebut tentu dapat dicapai jika dilakukan dengan bekerja sama.

“Kolaborasi antara IPB University dan para mitra hari ini tentunya sangat bagus untuk memperkuat kedaulatan pangan Indonesia,” kata Arif.

Selain penandatanganan MoU, dalam kesempatan ini berlangsung pula tukar-menukar cenderamata antara IPB University dan ke-11 mitra. Acara ini berlangsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan diakhiri dengan Rektor IPB University dan ke-11 mitra yang berkeliling di sekitar gedung IPB Science Technopark untuk melihat inovasi-inovasi IPB.

Penulis: Exciyona Adistika

Konsultasi

    X