Artikel

BAGAIMANA CARA MENGATASI BERCAK DAUN PADA TANAMAN KACANG TANAH?

1.-P4-Hermanu-Triwidodo-DIGITANI-IPB-University-Tani-Nelayan-Center-IPB-Mengatasi-Bercak-Daun-Kacang-Tanah
Artikel Konsultasi / Pertanian

BAGAIMANA CARA MENGATASI BERCAK DAUN PADA TANAMAN KACANG TANAH?

Pertanyaan: 

Saya menanam kacang tanah dengan tanaman jagung sebagai tanaman pagar. Daun pada tanaman kacang tanah saya mengalami bercak-bercak kecokelatan. Lalu, bercak tersebut menyatu sehingga daun menjadi rontok. Apa saja rekomendasi pengendalian yang dapat saya lakukan?.

(Adimi)

Jawaban:

Halo, Sobat Tani.

Terima kasih telah bertanya kepada Pakar IPB University.

Berdasarkan informasi dari deskripsi dan foto gejala, kemungkinan tanaman kacang tanah tersebut terinfeksi penyakit “bercak daun” yang disebabkan oleh Cercospora sp. Jika kacang tanah telah menunjukkan gejala berupa daun rontok, maka akan memengaruhi fase pengisian polong.

Adapun pengendalian yang dapat dilakukan sebagai berikut.

  1. Sanitasi dan rotasi lahan agar propagul cendawan tidak memiliki kesempatan untuk tumbuh atau terbawa oleh sisa-sisa tanaman kacang tanah yang bercampur dengan tanah.
  2. Pengendalian hayati dengan menggunakan minyak cengkeh. Minyak cengkeh yang disemprotkan ke daun yang terinfeksi dapat menurunkan infeksi penyakit “bercak daun”.
  3. Pengendalian kimiawi dengan penyemprotan fungisida berbahan aktif tiofanat metil dan triadimefon. Bahan kimia tersebut disemprotkan masing-masing dua kali pada saat tanaman berumur 4 dan 6 minggu serta 8 dan 10 minggu.

Selamat mencoba.

Dijawab oleh Prof. Dr. Ir. Hermanu Triwidodo, M.Sc. | Editor: Dyah Hariyanti Purnomo

Tanya Pakar

powered by Advanced iFrame. Get the Pro version on CodeCanyon.

X