Artikel

BAGAIMANA CARA EFEKTIF MENGATASI KUTU ‘INDRAK’ PADA KACANG HIJAU?

IPB DIGITANI - TANI DAN NELAYAN CENTER IPB UNIVERSITY - BAGAIMANA CARA EFEKTIF MENGATASI KUTU HITAM 'INDRAK' PADA KACANG HIJAU
Artikel Konsultasi / Pertanian

BAGAIMANA CARA EFEKTIF MENGATASI KUTU ‘INDRAK’ PADA KACANG HIJAU?

Pertanyaan:

Saya adalah seorang petani organik yang sedang belajar menanam kacang hijau dengan metode organik buatan sendiri. Saat ini, tanaman kacang hijau saya sedang mengalami masalah di fase pembuahan, di mana banyak kutu hitam yang menutupi bunga dan buah sehingga pertumbuhannya tidak maksimal. Orang di sini menyebut hama ini sebagai ‘indrak.’ Saya sudah mencoba mengendalikannya dengan pestisida nabati berbahan cabai dan laos, tetapi hasilnya belum memuaskan. Apakah ada solusi yang lebih tepat dan efisien untuk mengatasi masalah ini?

(Supardi)

Jawaban:

Halo, Sobat Tani.

Terima kasih telah bertanya kepada Pakar IPB University.

Selain menggunakan cabai atau laos, pestisida nabati juga bisa dibuat dengan bawang putih 40 gram, serai 50 gram, dan daun sirsak 50 gram.

Haluskan semua bahan tersebut, lalu peras untuk memisahkan cairannya dari ampasnya. Cairan yang dihasilkan dicampur dengan 100 milliliter air dan difermentasi selama 24 jam.

Setelah fermentasi, cairan ini harus diencerkan lagi sebelum disemprotkan ke tanaman.

Tambahkan 40 milliliter air ke dalam 60 milliliter cairan yang sudah difermentasi. Jika Anda ingin menyemprot dalam jumlah besar, sesuaikan takarannya dengan perbandingan air dan cairan sebesar 2:3.

Cairan ini bisa langsung disemprotkan ke tanaman kacang hijau yang terserang kutu daun.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh Pakar IPB Digitani | Editor: Chelvi Agnariosa

Tanya Pakar

powered by Advanced iFrame. Get the Pro version on CodeCanyon.